Archive 2018

Hampir bisa dibilang, berbagai aspek dalam kehidupan dewasa ini sangat bergantung pada aplikasi mobile yang menawarkan berbagai kemudahan, sehingga kondisi ini telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia.

Aplikasi yang digunakan untuk berbelanja, perbankan, traveling, dan layanan lainnya yang menyangkut keperluan sehari-hari bagi banyak orang, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, baik dari waktu yang dihabiskan untuk mengakses aplikasi maupun dari segi kebutuhan akan layanan-layanan tadi.

Ketergantungan orang terhadap aplikasi mobile rupanya membawa keuntungan yang tidak sedikit. Bahkan, Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu “lahan subur” untuk berkembangnya app economy.

Misalnya dengan bantuan teknologi perbankan, kini nasabah bank tidak perlu lagi bertatap muka dengan teller untuk menyetorkan uang, mengecek saldo, atau melakukan transfer antar bank. Hampir semua aktivitas perbankan dapat mereka lakukan di telapak tangan mereka dengan smartphone. Bahkan, semakin hari, jenis aktivitas perbankan menjadi semakin kompleks, yang menuntut dunia perbankan untuk terus berkembang. Bukan tidak mungkin di masa depan jumlah bank fisik akan berkurang atau hilang sama sekali, karena seluruh transaksi dapat dilakukan via internet atau elektronik.

Menurut Statista, pengguna smartphone hingga tahun 2017 telah mencapai 2,3 miliar pengguna, dan diperkirakan pada tahun 2020 angka ini akan terus meningkat hingga 2,9 miliar pengguna. Ini berarti lebih dari tiga puluh persen penduduk dunia telah menggunakan smartphone di keseharian mereka. Dengan mendekatkan teknologi perbankan ke nasabah melalui teknologi mobile banking, nasabah akan mendapatkan kemudahan bertransaksi. Selain itu, mobile banking juga mengambil peranan untuk memperluas jaringan perbankan. Kini nasabah tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari ATM demi keperluan transfer. Semua keperluan mereka kini sudah ada di genggaman.

Selain keperluan transaksi, mobile banking juga akan mempermudah pelanggan untuk melakukan pengecekan saldo, pengiriman uang, dan bahkan mendapatkan informasi seputar produk-produk perbankan yang ditawarkan kepada mereka.

Teknologi perbankan lainnya adalah online banking (internet banking), di mana seluruh transaksi yang ada dilakukan melalui internet dengan sistem keamanan yang lebih mutakhir — walau dengan celah keamanan yang lebih banyak juga. Sayangnya, belum semua daerah di Indonesia dapat menikmati layanan internet banking dikarenakan konektivitas internet yang belum merata, terutama di daerah-daerah terpencil. Di sinilah mobile banking mengambil peranan dengan aplikasi perbankan yang dapat diakses via SMS atau aplikasi dalam SIM toolkit (STK) yang disertakan.

Terlepas dari segala kekurangannya, baik mobile banking maupun online banking adalah sebuah teknologi yang sangat krusial bagi bank untuk dapat mengembangkan jaringan mereka ke seluruh pelosok negeri.

PT. Baron Biondi William menyediakan mobile banking dengan fasilitas transaksi dan fasilitas keamanan yang terbaik.

 

Sumber           : id.techinasia.com/12 April 2017.
Akses             : 12 April 2017 / 19.22 WIB
Alamat            : 
https://id.techinasia.com/revolusi-teknologi-perbankan

Di era serba internet seperti sekarang ini, berbagai kemudahan ditawarkan dalam kehidup sehari-hari, termasuk juga dalam dunia perbankan. Pada masa kini, orang tak lagi harus pergi ke bank atau ke ATM untuk melaukan transaksi. Masa kini semua transaksi ada di ujung jari. Tentu faktor utamanya adalah kemanan dalam tiap transaksi, terutama online banking yang bisa dibilang rentan menjadi sasaran keisengan para “peretas”.

Keamanan adalah faktor penting yang tidak boleh diabaikan oleh developer produk digital. Sebuah perusahaan bisa mengalami kerugian ratusan juta gara-gara kebocoran keamanan sistemnya. Tak hanya finansial, tingkat kepercayaan masyarakat pun bisa menurun, berpotensi membuat sebuah produk jadi tak diminta lagi. Jangan sampai keamanan sering dianggap sebelah mata. Developer cendrung sibuk mengembangkan fitur, daripada memperhatikan kemungkinan adanya celah yang bisa dimanfaatkan peretas-peretas “nakal”.

Dan mungkin masih banyak dari kita yang terbiasa mengakses online banking melalui komputer rumah atau kantor. Tapi, tahukah anda bahwa ternyata akses online banking melalui tablet atau smartphone lebih aman dibandingkan dengan komputer (misalnya, desktop dan laptop)? Oleh karena kami memiliki strategi untuk meningkatkan kemanan online banking. Yakni dengan satu syarat hanya di ponsel pintar atau tabletnya.

PT. Baron Biondi William menyediakan mobile banking dengan fasilitas keamanan terbaik, Find Here